Sukses

Kenaikan Harga BBM Rp 500 Tak Rugikan Pertamina

Pemerintah akan mengevaluasi pembayaran selisih harga minyak kepada Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyatakan PT Pertamina (Persero) tidak mengalami kerugian atas kenaikan harga premium non subsidi dan solar subsidi Rp 500 per liter. Kenaikan tersebut masih di bawah harga yang diinginkan Pertamina.

Sudirman mengatakan, Pertamina saat ini menanggung biaya selisih antara harga BBM sekarang dengan harga keekonomiannya.

"Untuk sementara ditatausahakan di Pertamina. Kalau harganya rendah sekali (harga minyak dunia), tentu ada untung. Bila harga minyak naik tentu ada rugi," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Meski demikian, Sudirman menuturkan, Pertamina tak selamanya menanggung selisih harga minyak tersebut. Pemerintah akan mengevaluasi untuk membayar ganti selisih harga minyak ke Pertamina.

"Nanti dalam enam bulan atau setahun akan dievaluasi," jelas Sudirman.

Sudirman mengungkapkan, ada pembayaran selisih tersebut Pertamina tidak akan mengalami kerugian. Selain itu, Pertamina juga terhindar dari pelanggaran Undang-undang yang menyatakan Pertamina tak boleh merugi saat menjalankan bisnisnya.

"Kami menjamin tidak ada kerugian yang ditimpakan ke Pertamina sehingga tidak menyalahi Undang-undang perseroan. Dan juga tidak ada kebijakan subsidi ke zaman dulu. Akan tetap seperti sekarang," kata Sudirman.

Pertamina mengusulkan kenaikan harga BBM jenis Premium sebesar Rp 7.900 per liter untuk wilayah penugasan di luar Jawa-Madura-Bali (Jamali). Sedangkan di wilayah Jawa-Madura Bali Rp 8.200 per liter.

Namun, saat kenaikan harga BBM diberlakukan pada 28 Maret 2015 maka  ditetapkan harga premium Rp 7.300 per liter luar Jawa, Madura dan Bali. Sedangkan harga premium Rp 7.400 per liter untuk Jawa, Madura dan Bali. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.