Sukses

Weekly Top 5 Bisnis: Beroperasinya Tol Laut Jokowi Paling Diburu

Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, pada 23-28 Maret 2015:

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menjelaskan, program tol laut yang diusung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah beroperasi. Namun memang, pelayanan yang diberikan masih sebatas pelayaran jarak pendek (short sea shipping) dengan kapal-kapal kecil yang melayani beberapa daerah. Informasi tersebut menjadi berita yang paling dicari pembaca sepekan ini.

Tak hanya itu, kenaikan harga BBM sebesar Rp 500 per liter juga menarik untuk disimak. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tak banyak komentar mengenai keputusan tersebut. Ia meminta kepada Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memberi penjelasan kepada masyarakat.

Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, pada 23-28 Maret 2015:

1. Tol Laut Jokowi Sudah Beroperasi



Direktur Transportasi Bappenas, Bambang Prihartono mengungkapkan, tol laut Jokowi mulai beroperasi sejak Februari 2015. Tol laut banyak diwujudkan di wilayah Timur Indonesia. "Tol laut sudah jalan. Contohnya untuk Papua melayani rute Sorong ke Waisai. Ada juga Surabaya ke Makassar. Jadi sebagian besar untuk Indonesia bagian Timur dan melayani pelayaran jarak pendek," ujar dia kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Kamis (26/3/2015).

2. Ini Jawaban Jokowi Soal Harga BBM Naik Lagi



Harga bahan bakar minyak (BBM) naik mulai Sabtu, 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB. Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar menanyakan langsung kenaikan harga BBM tersebut kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. "Tanyakan pada menteri ESDM," kata Jokowi setelah bertemu dengan PM Belanda Mark Rutte di MGM Grand Sanya Hotel, Hainan, China, Jumat 27 Maret 2015 malam menjelang dini hari waktu setempat.

3. Mau Investasi, Beli Properti di 5 Kota Ini



Meski ada perlambatan di tahun lalu, sektor properti masih menjadi surga investasi bagi masyarakat Indonesia. Sektor properti diperkirakan bakal menggeliat di 2015, mengingat pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla pro bisnis dan meningkatnya daya beli orang Indonesia. Mayoritas orang Indonesia menginvestasikan uang dengan membeli hunian (rumah, apartemen, dan lainnya) kedua. Namun sebelum membeli, sebaiknya Anda memperhatikan wilayah-wilayah tepat untuk memburu properti kedua dan seterusnya di Indonesia.

4. Kisah Ibu-ibu yang Cari Duit Lewat Jualan ASI



Organ tubuh yang sehat sebenarnya adalah kekayaan terbesar yang dimiliki setiap orang. Bahkan organ tubuh Anda bisa ditukar dengan tumpukan uang. Tengok saja beberapa orang yang pernah menjual ginjal atau paru-parunya untuk menyelesaikan masalah finansial yang kian melilit. Uniknya, kini Air Susu Ibu (ASI) juga menjadi bagian dari harta yang bisa dijual dari tubuh Anda dan tentu saja hanya para wanita yang dapat melakukannya.

5. Angkatan Laut AS Angkat Topi Buat Menteri Susi



Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Laut Amerika Serikat (KASAL AS). Dalam pertemuan tersebut, mantan Chief Executive Officer (CEO) Susi Air tersebut menerima apresiasi dari KASAL AS atas upayanya memberantas pencurian ikan ilegal (illegal fishing). "KASAL AS mengapresiasi atas gerakan pemberantasan Illegal, Unreported Dan Unregulated (IUU) Fishing yang sudah kami lakukan," ujar Susi di kantornya, Jakarta, Senin (23/3/2015). (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.