Sukses

Top 5 Bisnis: Jawaban Presiden Soal Kenaikan Harga BBM Jadi Hits

Berikut beberapa artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu, 28 Maret 2015:

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai Sabtu, 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB. Jenis BBM yang mengalami kenaikan adalah Solar dan Premium dengan nilai Rp 500  per liter, sedangkan untuk minyak tanah tetap.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih untuk tidak berkomentar banyak mengenai keputusan tersebut. Ia meminta kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memberikan penjelasan yang gamblang kepada masyarakat mengenai langkah pemerintah kembali menaikkan harga BBM tersebut.

Jawaban Presiden Jokowi tersebut menjadi artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com. Selain itu ada beberapa artikel lain yang banyak dibaca pada Sabtu, 28 Maret 2015, berikut ulasan lengkapnya:

1. Ini Jawaban Jokowi Soal Harga BBM Naik Lagi



Harga bahan bakar minyak (BBM) naik mulai hari ini. Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar menanyakan langsung kenaikan harga BBM tersebut kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. "Tanyakan pada menteri ESDM," kata Jokowi setelah bertemu dengan PM Belanda Mark Rutte di MGM Grand Sanya Hotel, Hainan, China, Jumat 27 Maret malam menjelang dini hari waktu setempat.

2. Chairul Tandjung Ungkap Perasaan Saat Masuk Jadi Miliarder Dunia



Beberapa waktu lalu Majalah Forbes merilis daftar 1.826 miliarder dunia, di mana 17 orang terkaya berasal dari Indonesia. Salah satunya adalah pengusaha sukses Chairul Tandjung. Lantas apa reaksi Chairul Tandjung tercatat masuk dalam jajaran miliarder tersebut? Dia mengaku, masuk dalam jajaran orang terkaya dunia tak membuatnya besar kepala. Bahkan dia merasa tak memiliki harta sebanyak hasil perhitungan Forbes.

3. Ini Pemicu Harga BBM Naik Lagi



Pemerintah memutuskan untuk menaikan harga BBM jenis solar dan premium Rp 500 per liter, yang mulai berlaku Sabtu (28/3/2015) pukul 00.00 wib. Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, kenaikan harga dilakukan karena meningkatnya rata-rata harga minyak dunia dan masih berfluktuasi serta melemahnya nilai tukar rupiah dalam satu bulan terakhir.

4. Wapres Beber Alasan Harga BBM Naik Lagi



Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengungkapkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) senilai Rp 500 per liter yang resmi diberlakukan pemerintah pada Sabtu (28/3) karena nilai rupiah melemah dibanding dolar Amerika Serikat (AS). "Kita tahu rupiah sekarang masih Rp 13.000 lebih per dolar AS, minyak juga naik lagi," kata Wapres dalam kunjungan kerjanya di Jambi.

5. Meski Naik, Harga BBM RI Masih Paling Murah Ketimbang Negara Ini



Pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Rp 500 per liter. Harga premium naik menjadi dari Rp 6.800 menjadi Rp 7.300 per liter dan solar dari Rp 6.400 menjadi Rp 6.900 per liter. Meski mengalami kenaikan, harga BBM kedua jenis tersebut terbilang murah ketimbang beberapa negara Asia  lainnya. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini