Sukses

Chairul Tandjung Ungkap Perasaan Saat Masuk Jadi Miliarder Dunia

Kekayaan seseorang tidak bisa diukur dari yang dilihat, tetapi juga harus diukur dari segala aspek.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu Majalah Forbes merilis daftar 1.826 miliarder dunia, di mana 17 orang terkaya berasal dari Indonesia. Salah satunya adalah pengusaha sukses Chairul Tandjung. Lantas apa reaksi Chairul Tandjung tercatat masuk dalam jajaran miliarder tersebut?.

Dia mengaku, masuk dalam jajaran orang terkaya dunia tak membuatnya besar kepala. Bahkan dia merasa tak memiliki harta sebanyak hasil perhitungan Forbes.

"Kita lihat begini saya nggak mengerti bagaimana orang bisa mengukur kekayaan orang, saya sendiri nggak tahu isi kantong saya," kata dia dalam acara  Creative Preneur Corner 2015, di Senayan City, Jakarta, Sabtu (28/3/2015)

Menurut dia, kekayaan seseorang tidak bisa diukur dari yang dilihat, tetapi juga harus diukur dari segala aspek. Karena itu, ia menganggap pemeringkatan orang tajir tersebut tak penting.

" Jadi jangan percaya sama begituan, itu pertama orang dilihat yang kelihatan, orang nggak tahu utang saya berapa banyak, harusnya aset dikurangi utang, itu nggak penting. Sukses bukan diukur penomoran, bukan berapa banyak yang kita punya," ungkapnya.

Cahirul pun bercerita tetang kisah suksesnya yang diawali dengan sekolah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Namun setelah lulus ia tidak melanjutkan karir sesuai dengan latar belakang pendidikan. Chairul lebih memilih berwirausaha untuk membiayai adik-adiknya.

"Saya masuk kuliah biaya sendiri terus berusaha. Waktu saya lulus saya wajib kerja sarjana, kalo kita ikut cukup buat hidup, karena dapat rumah sebelah puskemas, kedua dapat gaji, ketiga buka praktek. Tapi saya punya masalah, adik saya masih empat, itu yang membuat saya tidak milih jadi dokter gigi untuk bisa membiayai adik saya," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini