Sukses

Tak Semua Miliarder Jadi Kaya Karena Kerja Keras

Tim Forbes menemukan sebanyak 230 miliarder ternyata tidak pernah bekerja keras untuk menjadi kaya raya. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, New York - Forbes kembali merilis daftar nama miliarder terkaya di dunia untuk ke-29 kalinya. Hanya orang-orang yang memiliki harta di atas US$ 1 miliar atau Rp 12,95 triliun yang bisa bergabung dengan kalangan paling elit sebagai miliarder terkaya dunia (kurs: Rp 12.948/US$).

Mengutip laman Forbes, Rabu (4/3/2015), ternyata tak semua miliarder berhasil mendapatkan kekayaannya dengan bekerja keras dan menguras tenaga. Forbes menemukan 230 miliarder yang memiliki banyak harta karena warisan semata.

Lina Maria Aguiar dan Lia Maria Aguiar merupakan dua miliarder yang menjadi kaya karena warisan perusahaan perbankan keluarga. Masing-masing memiliki harta US$ 1,5 miliar dan US$ 1,2 miliar.

Meski begitu, jiwa pengusaha tampak masih membara di antara para miliarder terkaya dunia. Sebanyak 1.191 miliarder dunia tercatat menjadi kaya raya karena membangun bisnis dan usaha sendiri.

Namun tak semua miliarder yang mendapatkan harta warisan tak bekerja. Forbes mencatat, sebanyak 405 miliarder lain masih berbisnis sendiri demi meningkatkan hartanya meski telah mendapatkan warisan.

Untuk menghitung total kekayaan para miliarder, tim Forbes memasukkan jumlah saham di perusahaan negara dan swasta, real estate, kapal pesiar, karya seni, dan estimasi utang.

Dalam daftar miliarder terkaya dunia, Forbes tidak memasukkan anggota keluarga kerajaan, diktator, serta keluarga kaya yang membagi kerajaan atau seseorang yang memiliki kekuasaan penuh di satu negara. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.