Sukses

Cara Mudah Jadi Miliarder dalam Tiga Langkah

Tidak ada sebuah rahasia untuk mewujudkan keinginan menjadi sehat finansial atau menjadi kaya raya.

Liputan6.com, New York - Menjadi seorang yang sehat secara finansial sebenarnya cukup mudah. Untuk mewujudkan hal tersebut sebenarnya hanya perlu trik matematika dan juga disertai dengan kebiasaan yang baik. Bahkan tidak hanya sehat secara finansial, jika trik tersebut benar-benar dilakukan bisa saja Anda menjadi seorang miliarder.

Mengutip Forbes, Minggu (15/2/2015), dalam sebuat situs wealth management yang ditujukan bagi warga Amerika Serikat (AS), terdapat pesan yang jelas untuk bisa sehat secara finansial bahkan bisa menjadi seorang miliarder, yaitu menabung secara konsisten, maka keajaiban bunga akan membuat seseorang menjadi kaya.

Tetapi memang, menabung di sini bukan dalam artian sempit yaitu menaruh dana di produk tabungan perbankan. Menabung di sini dalam artian luas yaitu berinvestasi secara berkala di produk-produk keuangan yang memiliki imbal hasil yang sesuai dengan tujuan.

Kabar baiknya, tidak ada sebuah rahasia untuk mewujudkan menjadi sehat finansial atau menjadi kaya raya. Bahkan, banyak orang telah mengikuti yang jalan untuk menjadi kaya dengan mudah dan berhasil.

Berdasarkan Fidelity Investments, sedikitnya saat ini 70 ribu orang Amerika yang telah menjadi jutawan. Angka tersebut bertumbuh dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2012 lalu.

Tentu hal tersebut mengejutkan. Di saat pasar keuangan dunia sedang dilanda krisis yang berkepanjangan, justru banyak orang kaya baru bertumbuhan.

Nah, ternyata tidak semua orang menghindari pasar keuangan dan juga pasar modal di saat dunia sedang dihimpit krisis. Justru sebaliknya, banyak dari warga Amerika yang justru menaruh dananya di pasar modal dan mendapat keuntungan.

Jika dilihat dari kinerjanya, Wall Street sendiri telah melonjak dua kali lipat juga dari 2009 hingga 2014 ini. Perhitungan tersebut berdasarkan indeks S&P 500.

Jika dihitung, jika menaruh dana di pasar modal, setiap tahunnya imbal hasil yang dapat diperoleh kurang lebih mencapai 18 persen.

Jadi, bagaimana caranya menjadi sehat secara finansial dan bahkan menjadi miliarder? Berikut empat hal penting yang bisa dilakukan:

Simpan 10 persen hingga 15 persen dari gaji

Sebenarnya ini hal yang cukup mudah. Jika teratur dilakukan tanpa diinvestasikan saja tabungan Anda akan terus bertambah. Jika dengan diinvestasikan, keuntungan yang bisa didapat dari menyimpan atau menaruh dana secara teratur tersebut bisa berlipat. Untuk lebih cepat, semakin tinggi persentase yang disimpan atau disisihkan akan lebih besar peluang menjadi miliarder.

Investasi di saham

Anda bisa melakukan investasi di berbagai saham yang ada di belahan dunia manapun. Dengan langkah tersebut maka risiko sebuah saham anjlok dan menyeret dana Anda akan lebih kecil. Sebagian besar atau mencapai 75 persen miliarder Amerika menyimpan dana mereka di saham atau reksa dana saham.

Susun Rencana

Susun rencana Anda ingin jadi seperti apa nantinya. Tentukan setiap target dan batas waktu mencapainya. Jangan lupa, targetnya harus realistis dan bisa dicapai dalam waktu yang telah tentukan. Setelah itu pelajari instrumen-instrumen yang bisa digunakan untuk meraih rencana Anda. Melakukan rencana jangka panjang untung satu gol yang pasti adalah salah satu cara terbaik menjadi seorang yang sehat secara finansial. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.