Perkuat Kelistrikan RI, PLN Gandeng Perusahaan Perancis

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 11 Feb 2015, 20:15 WIB

Liputan6.com, Jakarta -  PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian program kemitraan dengan perusahaan listrik dari Perancis Electricité de France (EDF) dan Agence Française de Développement (AFD).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Perencanan dan Pembinaan Afiliasi PLN, Murtaqi Syamsuddin, perwakilan EDF, Mr. Gérard Szabason dan Country Director AFD Mr. Ghislain de Valon selaku pihak pengelola pembiayaan, di kantor Kementerian Maritim, Jakarta, pada Rabu (11/2/2015.

Penandatanganan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Indroyono Soesilo dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Corinne Breuze.

"Kemitraan antara PLN dan EDF ini untuk berbagi keahlian yang bertujuan untuk pembangunan sektor kelistrikan yang tangguh dan menghasilkan emisi karbon yang rendah di Indonesia," kata Manajer Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto, Rabu (11/2/2015).

Program kemitraan dibiayai melalui dana hibah sebesar 500 ribu euro, yang merupakan bagian dari pendanaan Perancis untuk keahlian teknis dan pertukaran pengalaman (French Fund for Technical Expertise and Exchange of Experience/FEXTE) yang dikelola oleh AFD dan Departemen Ekonomi Kedutaan Besar Perancis.

Pembiayaan ini sesuai dengan mandat AFD di Indonesia, yakni untuk mempromosikan green and inclusice growth, pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan. PLN merupakan operator utama dalam pelaksanaan kebijakan iklim dan energi dari Pemerintah Indonesia.

Dalam hal ini, PLN dan AFD selama beberapa tahun telah menjalin hubungan yang baik dan AFD melalui pinjamannya membiayai beberapa proyek untuk pengembangan kegiatan PLN, terutama di bidang energi terbarukan. Pembiayaan kemitraan tersebut akan memperkuat hubungan kedua pihak dan menciptakan peluang kerjasama yang baru.(Pew/Ndw)