Sukses

Ini yang Diajarkan Anak Kecil dalam Pemasaran Bisnis

Pengetahuan tentang bisnis bisa datang dari siapa saja, termasuk anak kecil

Liputan6.com, Jakarta - Pengetahuan bisa datang dari manapun, termasuk dari orang yang tidak terduga. Meskipun begitu, terkadang kita tidak sensitif terhadap hal-hal tersebut sehingga tidak sadar akan pengetahuan tersebut.

Hal yang sama terjadi dalam bisnis. Orang biasanya akan mencari pengetahuan tentang berbisnis dari buku dan orang-orang yang dianggap ahli. Padahal, jika jeli, maka anak kecil pun dapat menjadi guru kita dalam berbisnis.

Bagaimana mungkin? Anak kecil memiliki sifat yang terkadang lebih baik dari orang dewasa, misalnya dalam berteman. Seorang anak kecil tidak akan memilih-milih teman, kecuali orangtuanya yang mempengaruhi.

Sifat-sifat seperti ini sebenarnya dapat menjadi inspirasi bagi orang dewasa dalam membangun bisnis yang sukses.

Berikut adalah beberapa pelajaran dari anak kecil agar bisnis kita sukses, terutama dalam hal pemasarannya seperti yang dilansir Huffingtonpost, Kamis (29/1/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi dan bergairah

Berbagi dengan siapapun

Seorang anak kecil akan berbagi apapun yang dimilikinya kepada orang lain, bahkan mereka yang tidak dikenali. Apa gunanya sikap ini untuk bisnis? Saat berbagi, maka produk milik Anda akan lebih cepat dikenali orang.

Memiliki teman dengan cepat

Anak kecil sangat mudah berteman. Hal ini juga perlu dicontoh orang dewasa. Dengan bersikap seperti ini, Anda akan memiliki 1000 lawan dan 0 musuh. Tentu saja ini baik bagi bisnis yang Anda jalankan.

Tidak memendam perasaan dan berbicara

Sikap ini berkaitan dengan apa yang ada di pikiran Anda. Dengan begitu, orang tahu apa yang Anda inginkan. Sikap ini juga memancing orang lain untuk mengungkapkan pikirannya. Akhirnya, saat semua berbicara, maka dua belah pihak akan saling memahami.

Bergairah dalam semua hal, bahkan hal terkecil

Anak kecil seakan tidak pernah kehilangan tenaga dalam melakukan apapun. Mereka juga bergairah sepanjang waktu. Anda pun harus dapat melakukan ini agar bisnis yang Anda jalankan lebih cepat berkembang.

3 dari 3 halaman

Dapatkan sesuatu hingga selalu percaya

Tahu cara mendapatkan sesuatu

Anak kecil selalu punya cara untuk meluluhkan hati orangtuanya dan akhirnya menuruti apa yang diinginkan mereka. Anda dapat menerapkan hal ini dengan cara tahu persis apa yang Anda inginkan dan tahap-tahap untuk mencapainya sedetail mungkin.

Konsisten pada jadwal

Meskipun Anda ingin bisnis cepat berkembang, Anda tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh. Ini adalah hal yang bisa kita pelajari dari anak kecil. Misalnya, seberapapun anak kecil ingin bermain di malam hari, tetapi mereka harus tetap tidur.

Tidak malu dan takut

Anak kecil adalah manusia tanpa malu dan rasa takut. Dalam beberapa hal, cara ini dapat Anda terapkan saat menjalankan bisnis. Ingat, para pebisnis sukses adalah mereka yang tidak malu menjual barangnya dan tidak takut akan kegagalan.

Akhirnya, mereka percaya bahwa apapun dapat terjadi

Anak-anak tidak pernah ragu mengatakan apa yang menjadi cita-citanya. Entah menjadi astronot atau dokter, mereka percaya mereka bisa meraihnya. Nah, sebagai pebisnis tentu Anda ingin sukses. Langkah awalnya, Anda harus percaya dulu bahwa cita-cita Anda itu pasti tercapai. (Rio A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.