Sukses

10 Tipe Teman yang Kuras Uang

Berikut 10 tipe teman yang dapat menyedot keuangan Anda:

Liputan6.com, Jakarta - Teman-teman menjadi bagian terpenting di dalam hidup seseorang. Tanpa keberadaan teman maka terasa hampa dan sepi.

Tetapi apakah Anda pernah mempertimbangkan dampaknya terhadap keuangan Anda?

Beberapa teman dapat menyedot uang dari dompet Anda, bahkan jika tidak mereka berniat. Namun karena mereka adalah teman-teman Anda maka mungkin tidak menyadari kalau uang Anda juga bisa habis karena teman.

Berikut tipe teman yang dapat menyedot keuangan Anda seperti dikutip dari laman wisebread, Minggu (25/1/2015):


1. Seperti "lintah"

Tipe teman seperti ini selalu meminta untuk meminjam uang. Dia menghabiskan uang hanya sebagian untuk biaya makan bila jalan berjalan bersama. Selain itu, dia suka berjanji untuk membayar pinjaman meski pun Anda tahu dia tidak membayarnya. Dia bahkan meminjam buku dan DVD Anda, tetapi tidak akan pernah kembali.

Anda perlu menarik garis keras terhadap teman bertipe ini. Jika tidak maka Anda berdua dapat menderita secara keuangan.

2. Boros

Bila Anda pergi ke suatu pertandingan olah raga maka dia lebih memilih untuk kelas VIP, dan bukan biasa. Bila Anda menyarankan pergi berlibur dengan berkemah, maka mereka akan mendorong untuk menginap di hotel. Mungkin teman Anda ini kaya dan suka menghabiskan uang, bahkan tidak suka menyimpan. Meski demikian, gaya hidup teman Anda ini dapat membuat Anda bangkrut.

Anda menyukai teman ini karena juga turut menikmati kesenangannya tapi Anda harus sopan menemukan cara bersama mereka dengan berhemat.

3. Membawa pengaruh buruk

Teman Anda ini selalu terlibat dalam kesulitan, dan Anda juga sering ikut terseret. Bahkan dapat menempatkan Anda pada risiko masalah hukum.

4. Pengusaha buruk

Dia selaku memiliki ide baru untuk mengubah dunia, dan semua yang dibutuhkan adalah uang untuk mewujudkannya. Anda kagum semangat kewirausahaannya, tapi kebenarannya teman Anda ini tidak memiliki naluri bisnis dan dedikasi untuk menjadi kaya dengan menjadi pengusaha.

Anda pun mungkin tergoda untuk meminjamkan uang, tapi Anda juga perlu menilai kualitas dari investasi yang ingin ditanamkan dan persahabatan Anda.

5. Filantropis

Bulan ini dia berjalan maraton untuk mengumpulkan uang untuk penelitian kanker. Lalu bulan depan, dia mencari sumbangan untuk tempat penampungan tunawisma lokal. Dia memiliki jiwa dermawan, dan itu hebat. Tapi lebih penting Anda tidak merasa tertekan untuk menyumbang setiap kali dia datang untuk meminta bantuan.

Anda dapat juga menemukan cara lembut untuk memberitahu teman Anda kalau tidak harus selalu uang tunai untuk mendukung sesuatu. Sebagai contoh menjadi relawan untuk kegiatan amal bisa menjadi penggantinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Tipe Teman yang Kuras Uang

10 Tipe Teman yang Kuras Uang

6. Pemberi hadiah

Tipe teman ini adalah suka memberi hadiah di momen tertentu. Dengan situasi tersebut Anda pun mau tak mau juga harus membalasnya. Ini menjadi situasi rumit bila teman ini tidak terlalu dekat dengan Anda. Meski demikian, Anda bisa membalasnya dengan mengajak makan malam, dan memberikan barang elegan tetapi murah.

7. Suka perayaan

Anda punya teman yang suka merayakan sesuatu mulai dari kelulusan, dan sebagainya. Hal ini dapat berlebihan apalagi kalau sudah usia matang. Merayakan sesuatu berlebihan yang dilakukan oleh teman dapat membuat kita menjadi mangsa. Anda dapat menahan diri untuk merayakan setiap peristiwa dalam kehidupan Anda, dan memberikan penjelasan kepada teman Anda dengan cara sopan.

8. Suka produk mahal

Bila berbelanja dengan tipe teman ini maka Anda akan terdorong untuk membeli barang lebih mahal. Mungkin maksudnya baik. Tetapi sebenarnya Anda dapat bisa memilih barang lebih hemat. Contoh, ketika Anda ingin membeli TV layar datar 45 inchi atau70 inchi maka teman Anda bisa memberitahu untuk membeli layar lebih besar dengan alasan sebagai hadiah dari kerja keras.

9. Suka ganti gadget

Teman Anda ini termasuk tipe orang yang ingin selalu memakai teknologi terbaru dan paling pertama. Dia akan rela antre di toko Apple setiap kali ponsel dirilis. Bergaul dengan teman ini bisa membuat Anda merasa tertekan untuk mengikutinya. Selain itu jangan biarkan pengaruh teman Anda ini dapat mempengaruhi keputusan untuk membeli.

10. Penjudi

Dengan teman seperti ini maka semua hal dapat menjadi taruhan. Misalkan liga sepak bola juga menjadi kesempatan untuk bertaruh. Dia selalu bertaruh, dan Anda juga ikut terseret di dalamnya. Anda harus menahan diri untuk bertaruh uang pada setiap kali Anda bergaul dengannya. Ini dapat membuat Anda menjadi lebih baik.

Apakah Anda memiliki tipe teman seperti ini?  (Ahm/)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini