Sukses

Geser Oprah Winfrey, Folorunsho Jadi Wanita Kulit Hitam Terkaya

Pengusaha minyak asal Nigeria, Folorunsho Alakija kini didaulat sebagai wanita kulit hitam terkaya di dunia menggeser posisi Oprah Winfrey

Liputan6.com, Abuja - Pengusaha minyak asal Nigeria, Folorunsho Alakija kini didaulat sebagai wanita kulit hitam terkaya di dunia dengan total kekayaan sebanyak US$ 7,3 miliar. Dengan seluruh kekayaannya itu, Alakija menggeser posisi Oprah Winfrey sebagai wanita kulit hitam terkaya dunia.

Mengutip laman leadership.ng, Senin (29/12/2014), berdasarkan penelusuran Forbes, kekayaan Oprah Winfrey saat ini berjumlah US$ 2,9 miliar. Angka tersebut jauh tertinggal di bawah total kekayaan Alakija.

Sejauh ini, benua Afrika tercatat berhasil menyumbang 55 mliarder. Seluruh orang terkaya di Afrika itu memiliki total kekayaan senilai US$ 143,88 miliar jika digabungkan.

Alakija diketahui memulai karirnya sebagai sektretaris di sebuah bank pada pertengahan 1970-an. Wanita berusia 62 tahun ini lantas belajar mengenai fashion di London.

Ibu empat anak ini lantas kembali ke Nigeria dan mendirikan bisnis fashion berlabe, Supreme Stitches. Tapi sumber kekayaan terbesarnya berada dari industri minyak.

Pada 1993, perusahaannya, Famfa Oil mendapatkan penghargaan khusus, yang kemudian menjadi OML 127. Perusahaan tersebut menjadi salah satu bisnis minyak paling merekah di Nigeria.(Sis/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini