Sukses

Jokowi: Kenapa Sih Pada Suka Bu Susi?

"Kenapa sih pada suka Bu Susi? Tiap kali saya tinjauan ke lapangan, para nelayan itu malah pada teriak-teriak Bu Susi-Bu Susi," kata Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang diadakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Pembangunan Nasional (Bappenas)‎ di Menara Bidakara, Jakarta.

Dalam pidatonya di hadapan para Gubernur dan Bupati seluruh Indonesia ini Jokowi memaparkan visi misinya terutama di sektor maritim. Namun sebelum dijelaskan lebih lanjut, Jokowi bertanya pada pimpinan daerah satu pertanyaan yang menggelitik.

"Kenapa sih pada suka Bu Susi? Setiap kali saya tinjauan ke lapangan, para nelayan itu malah pada teriak-teriak Bu Susi..Bu Susi," ucap Jokowi, Kamis (18/12/2014).

Jokowi mengaku penunjukan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) tanpa melihat latar belakang pendidikannya adalah keputusan yang tepat.

Hal itu dibuktikan dengan fenomena masyarakat Indonesia yang mengelu-elukan Menteri yang juga pendiri maskapai Susi Air tersebut akan ketegasan kinerjanya.

"‎Memang gini harus tegas, laporan yang saya terima ada 5.000-7.000 kapal asing yang ilegal yang mencuri ikan kita, nilainya itu Rp 300 triliun per tahun, ini bukan angka yang kecil," paparnya.

Tidak hanya ke menteri KKP‎, Jokowi mengaku juga sudah memerintahkan kepada TNI AL, Polri untuk selalu tegas dalam mengembalikan kedaulatan maritim Indonesia. (Yas/Ndw)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.