Sukses

Dwi Soetjipto Ditunjuk Jadi Dirut Pertamina

Menteri BUMN Rini Soemarno telah menunjuk Bos PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Dwi Soetjipto sebagai Dirut Pertamina yang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menunjuk Bos PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) yang baru. Dwi akan memimpin Pertamina dalam lima tahun ke depan.

Pria kelahiran Surabaya, 10 November 1955 ini menggantikan Muhamad Husen yang saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Pertamina, pasca ditinggalkan Karen Agustiawan. 

"Memang sore hari ini, rapat umum pemegang saham Pertamina telah diputuskan  untuk memberhentikan direksi Pertamina dan mengangkat Dwi Soetjipto sebagai Dirut Pertamina periode 2014-2019," kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (28/11/2014).

 

 

Selain Dwi, ada tiga direktur yang juga diangkat yaitu Arif Budiman, Yeni Handayani dan Ahmad Bambang. Ketiganya akan mendampingi Dwi memimpin BUMN migas terbesar di Indonesia tersebut sepanjang  2014-2019.

Dwi Soetjipto sebelumnya menjabat sebagai Dirut Semen Indonesia sejak 2005, sebuah induk perusahaan semen nasional dengan operasi pabrik terbesar di Asia Tenggara. Sebagai sebuah holding, Semen Indonesia membawahi tidak BUMN pupuk lainnya yaitu Semen Padang, Semen Gresik, dan Semen Tonasa.

Suami dari Handini ini menjadi eksekutif pertama sepanjang sejarah yang membawa BUMN Indonesia menjadi perusahaan multinasional. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.