Sukses

Donald Damon, Hidup Susah Tapi Tak Serakah Saat Kaya Mendadak

Banyak orang kaya mendadak yang langsung berfoya-foya menghabiskan seluruh uang untuk membeli barang mewah.

Liputan6.com, Kansas- Mendapatkan harta melimpan secara mendadak saat menjalani kehidupan serba sulit tentu sangat berisiko. Pasalnya, banyak orang kaya mendadak yang langsung berfoya-foya menghabiskan seluruh uang untuk membeli barang mewah mulai dari mobil hingga rumah baru.

Tapi tidak begitu dengan Donald Damon, pemenang lotre senilai US$ 96,6 juta. Dia berusia 70 tahun saat memenangkan jakcpot lotre Powerball di Topeka, Kansas.

Pria yang sehari-hari hidup apa adanya ini sempat tak percaya dirinya berhasil menjadi pemenang lotre dengan hadiah uang sangat besar.

Setelah menjadi pemenang lotre, hidupnya secara finansial berubah drastis. Donald Damon jadi miliarder.

Meski begitu, Damon dan keluarga tidak serakah. Lantas bagaimana cara Damon berbagi kebahagiaan dari kemenangannya tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari The Richest, Powerball.com, dan LJworld.comserta beberapa sumber lain, Kamis (27/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hidup pas-pasan

Donald Damon dan keluarga hidup pas-pasan

Menjadi pemenang jackpot bernilai US$ 96,6 juta tak pernah terbayangkan oleh Donald Damon sebagai sebuah kenyataan. Itu lantaran dirinya dan keluarga hidup dalam keadaan serba pas-pasan.

Damon dipaksa berhenti dari pekerjaannya sebagai sopir truk setelah 27 tahun melakukannya. Anaknya, Karen Damon kehilangan pekerjaannya di Great Bend Hospital beberapa bulan sebelum sang ayah dinyatakan menjadi pemenang lotre.

Istri Damon, Kathleen, bahkan bekerja di tiga tempat berbeda sekaligus untuk memenuhi seluruh kebuthan rumah tangga. Setiap hari, dia mengatur waktu agar tugasnya di rumah sakit, salon kecantikan, dan pusat olahraga.

3 dari 4 halaman

Hampir pingsan saat menang lotre

Hampir pingsan mendengar hadiah lotre yang dimenangkan

Damon sangat terkejut saat puterinya berteriak gembira memberitahu bahwa dia memenangkan jackpot lotre. Dia bahkan sempat menyuruh puterinya mengecek ulang nomor tiket lotre yang keluar lantaran puterinya hanya mendengar kabar dari orang lain.

Saat sudah dipastikan menang, Damon lantas mendatangi tempat undian lotre untuk mengetahu berapa jumlah uang yang dimenangkannya. Lebih terkejut lagi, dia ternyata memenangkan hadiah senilai US$ 96,6 juta.

Damon merasa dirinya nyaris pingsan mendengar jumlah uang yang sangat besar tersebut. Awalnya, dia mengira hadiahnya hanya bernilai US$ 20 juta.

Tak sabar, dia lantas menjemput istrinya pulang untuk berbagi kabar menggembirakan tersebut. Damon membeli tiketnya di toko Dillon sekitar tujuh jam sebelum dia dinyatakan menang.

Damon mengatakan, biasanya dia harus menunggu beberapa jam sebelum pemenangnya diumumkan.

4 dari 4 halaman

Bangun gereja

Berbagi harta hingga bangun gereja

Kini Damon bukan lagi pengangguran dan merupakan miliarder baru. Meski hidup serba susah, tapi Damon dan keluarga tak serakah setelah menjadi orang kaya.

Keduanya bahkan berjanji aktif berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan karena mereka tahu bagaimana rasanya kekurangan uang. Tak hanya itu, sebagai jemaan Katolik yang taat, Damon dan sang istri juga ikut membangun sebuah gereja.


Saat mendengar gereja St. Stanislaus di Kansas akan direnovasi, tanpa pikir panjang, istri Damon langsung menulis cek senilai US$ 10 ribu sebagai sumbangan. Saat mendengar bangunan gereja yang baru membutuhkan dana US$ 2 juta, Damon dan sang istri lantas menambang sumbangannya hingga US$ 1 juta.

Tapi Damon juga ingin menyenangkan keluarganya. Dia berjanji akan mengajak keluarganya berwisata dan membeli baju baru untuk menyenangkan hati sang istri. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.