Sukses

Mana Lebih Kaya: AC Milan atau Inter Milan?

Pada derby terakhir, AC Milan dan Inter Milan berbagi angka. Bagaimana dari sudut keuangan, siapa yang lebih unggul?

Liputan6.com, Milan - Pertandingan dua klub sekota AC Milan dan Inter Milan berakhir seri 1-1 di San Siro, Milan, Italia, Senin (24/11/2014) lalu. Dengan hasil pertandingan ini, Milan berada di peringkat ke-7 dengan poin 18. Sementara Inter berada di posisi 9 klasemen Liga Italia dengan 17 poin.

Dua klub yang sama-sama berasal dari Milan, Italia ini memang merupakan rival di segala bidang, termasuk untuk urusan kekayaan. Jika pada pertandingan terakhir Milan dan Inter berbagi angka, bagaimana dengan urusan bisnis? Siapa yang lebih kaya diantara keduanya?

Berikut perbandingan kekayaan AC Milan dan Inter Milan seperti dirangkum Liputan6.com, Selasa (25/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemasukan Tahun Lalu

">Dollar

Menurut data yang dikutip dari Forbes, musim lalu inter Milan berhasil mendapat keuntungan bersih sebesar US$ 219 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun (Kurs: Rp 12.168/US$). Sedangkan saudara tuanya, AC Milan, berhasil memperoleh pendapatan bersih sebesar US$ 343 juta atau sekitar Rp 4,18 triliun.

3 dari 4 halaman

Sumber Pendapatan

Sumber pendapatan kedua klub secara garis besar terbagi dalam empat pos. Yaitu, pendapatan dari jasa komersial, penjualan tiket, hak penyiaran dan merek dagang.

Sumber pemasukan terbesar Inter Milan berasal dari hak penyiaran, yaitu sebesar US$ 210 juta. Sumber pemasukan kedua berasal dari jasa komersial sebesar US 155 juta. Sumber pemasukan lain berturut-turut berasal dari merek dagang dan penjualan tiket sebesar US$ 68 juta dan US$ 50 juta.

Sama dengan Inter Milan, sumber pendapatan terbesar AC Milan berasal dari hak siar sebesar US$ 412 juta. Kemudian disusul dengan pemasukan dari jasa komersial sebanyak US$ 250 juta. Posisi ke-3 dan ke-4 ditempati pemasukan dari merek dagang sebesar US$ 117 juta dan tiket pertandingan sebesar US$ 77 juta.

4 dari 4 halaman

Total Kekayaan

">San Siro

Dari data-data yang telah dijelaskan, sebenarnya telah dapat diketahui siapa yang lebih kaya diantara keduanya.

Total jumlah kekayaan Inter Milan sampai dengan Mei 2014 adalah sebesar US$ 483 juta atau sekitar Rp 5,8 triliun. Jumlah ini menempatkan Inter Milan di posisi ke-14 sebagai tim terkaya di dunia di bawah Tottenham Hotspurs.

Di lain pihak, total kekayaan AC Milan adalah sebesar US$ 856 juta atau sekitar Rp 10,4 triliun. Total kekayaan ini menempatkan AC Milan di posisi ke-8 persis satu tingkat di atas Juventus dan di bawah Manchester City.

Kesimpulannya, secara finansial AC Milan cukup jauh lebih sehat daripada meskipun di lapangan keduanya bermain dengan skor imbang. (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia
    Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia

    Inter Milan

Video Terkini