Sukses

Biaya Wisata 3 Pulau Indonesia Paling Murah di ASEAN

Ramai didatangi pengunjung, Indonesia ternyata mendominasi jumlah pulau wisata dengan biaya liburan paling terjangkau di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Pulau-pulau eksotis di Indonesia dengan pesona kecantikannya terus menyerap wisatawan mulai dari dalam hingga luar negeri. Ramai didatangi pengunjung, Indonesia ternyata mendominasi jumlah pulau wisata dengan biaya liburan paling terjangkau di Asia Tenggara.

Berdasarkan laporan situs perjalanan terbesar dunia TripAdvisor, Indonesia menyumbangkan, tiga pulau wisata dengan biaya termurah di ASEAN. Pulau Gili Trawangan dari Indonesia juga didapuk sebagai pulau wisata dengan biaya paling terjangkau se-ASEAN.

Tiga pulau Indonesia dalam laporan TripIndexIsland Sun 2014 tersebut adalah Gili Trawangan (1), Bali (2) dan Lombok (4).

Total biaya berlibur sehari dan menginap semalam di Gili Trawangan untuk dua orang tercatat sebesar Rp 2,67 juta. Jumlah tersebut sekitar empat kali lipat dibandingkan berlibur di pulau termahal di ASEAN sebesar Rp 9,49 juta.

Bali berada di posisi kedua sebagai pulau wisata dengan biaya paling terjangkau di ASEAN. Total berlibur sehari termasuk penginapan untuk dua orang di Bali tercatat membutuhkan biaya Rp 3,08 juta.

Sementara Pulau Lombok berada di peringkat keempat termurah se-ASEAN dengan biaya berlibur Rp 3,31 juta.

Gili Trawangan dan Bali juga dikenal sebagai bagian dari sepuluh pulau teratas yang paling sering dikunjungi di Asia. Tak heran, Pantai Nusa Dua, Bali memang menempati urutan ke-13 dalam Travellers’ Choice Beaches Awards 2014.

Indonesia dan Thailand tetap jadi tempat liburan yang paling terjangkau di Asia Tenggara dengan Gili Trawangan, Bali dan Koh Samui berada di daftar paling atas,” kata Juru Bicara TripAdvisor Jean Ow-Yeong dalam keterangan tertulisnya yang diterima Liputan6.com, Sabtu (25/10/2014).

Sekadar informasi, TripIndexIsland Sun 2014 menelusuri dan menganalisa 16 tujuan wisata pulau-pulau utama di Asia Tenggara. Daftar pulau tersebut dikumpulkan berdasarkan data TripAdvisor mengenai pulau wisata paling dicari di ASEAN dalam setahun terakhir.

TripIndex mengumpulkan biaya sejumlah item liburan di setiap pulau wisata untuk dua orang. Biaya tersebut termasuk akomodasi satu malam, makan malam, bir, sewa sepeda per hari, pijat satu jam di spa hotel bintang empat dan sewa kayak selama satu jam di sebuah pulau.

Seluruh biaya dihitung menggunakan mata uang lokal. Seluruh data dikumpulkan mulai 18 Agustus hingga 24 September 2014. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini