Sukses

6 Tipe Pegawai ketika Bekerja, Anda yang Mana?

CEO perusahaan pemasaran Possible, Shane Atchison menemukan enam peran yang sering dimainkan para pegawai di kantor. Anda termasuk mana?

Liputan6.com, New York - Tempat kerja dapat menjadi lingkungan warna-warni dengan sikap yang beranekaragam dari para pegawai. Maklum, setiap pegawai berasal dari lingkungan tempat tinggal dan budaya yang berbeda.

Tentu saja, sikap Anda merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam berkarir. Dari berbagai sikap tersebut, CEO perusahaan pemasaran Possible, Shane Atchison menemukan enam peran yang sering dimainkan para pegawai di kantor.

Beberapa pegawai bisa diajak bekerja sama sedangkan yang lainnya tidak. Berikut enam tipe pegawai yang diklasifikasikan Atchison seperti dikutip dari rd.com, Jumat (25/10/2014):

1. Percaya diri

Pegawai yang optimis senang bekerja di perusahaan dan mempercayai budaya kerjanya. Saat menemukan masalah, para pegawai ini akan segera mengambil inisiatif untuk segera mencari solusi.

Bahkan orang yang optimistis akan cepat mencari cara mendukung gagasan karyawan lain. Tetaplah bersikap terbuka dan jangan pikirkan rekan kerja yang sering berpikiran negatif dan cenderung pesimis.

2. Penghambat

Ada juga para penghambat yang pandai mencari alasan untuk menghindari pekerjaan. Tipe pegawai seperti ini akan membuat suasana kerja menjadi tidak menyenangkan.

Tak hanya itu, pegawai seperti ini juga akan gagal memotivasi rekan kerjanya.

3. Super sibuk

Anda selalu datang pertama ke kantor dan pulang paling terakhir. Pegawai tipe ini selalu bekerja super sibuk dan jauh lebih keras dibanding yang lain.

Anda juga yakin bahwa perusahaan telah memberikan gaji dan Anda harus berkorban untuk itu. Jika Anda merupakan tipe pegawai yang satu ini, lebih baik segera berlibur.

Katakan pada atasan dan rekan kerja bahwa Anda membutuhkan beberapa hari libur. Jika tidak, Anda akan semakin pesimistis dan terlalu ambisius dalam bekerja.

4. Selalu ingin jadi yang pertama

Dengan sifat yang selalu ingin unggul, tipe pegawai yang satu ini senang menyalahkan orang lain. Dirinya punya kepentingan sendiri dan tidak suka orang lain ikut campur.

Dirinya tak mau bekerja terlalu keras karena selalu mencari jalan pintas untuk menjadi yang pertama. Jika sikap seperti ini ada pada diri Anda, sebaiknya berhenti mencari cara mudah dan jangan menjelek-jelekkan orang lain.

5. Pendengar yang baik

Pegawai yang satu ini akan senantiasa menemukan solusi atas berbagai masalah saat dekat dengan orang-orang yang optimis. Dirinya juga senantiasa menjadi pendengar yang baik saat menghadapi sejumlah keluhan.

Orang-orang seperti ini dapat membantu karir pegawai lain dengan baik.

6. Sang realis

Sang realis selalu jujur memandang kemampuan dirinya dalam berkarir. Sayangnya, orang-orang realis memiliki kreativitas yang tidak begitu baik.

Pegawai yang realis sangat cocok untuk bekerja di bidang keuangan. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini