Sukses

Lulus dari Kampus Tak Ternama Bisa Bikin Susah Dapat Kerja

Reputasi kampus ternyata menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam melamar pekerjaan.

Liputan6.com, New York - Nama atau reputasi sebuah perguruan tinggi ternyata dapat menjadi jalan mulus bagi para pelamar kerja untuk memperoleh kerja yang didambakan. Penelitian lembaga penelitian mengenai pendidikan The Chronicle of Higher Education, Amerika Serikat AS, menemukan bahwa reputasi kampus ternyata menjadi salah satu faktor yang menentukan bagi sebuah perusahaan saat mencari pekerja.

Mengutip laman Business Insider, Jumat (24/10/2014), dalam penelitian tersebut, lulusan dari kampus yang kurang terkenal dapat membuatnya terkena dampak negatif saat melamar kerja. Hal tersebut terjadi karena para atasan seringkali melihat reputasi perguruan tinggi tempat para pelamar kerja berasal

Para atasan cenderung menerima para pelamar kerja yang berasal dari kampus ternama atau sekolah elit. Sedangkan kampus yang tidak terkenal cenderung membuat para atasan ragu atas kemampuan lulusannya. Artinya, dalam tumpukan lamaran pekerjaan, mereka yang berasal dari perguruan tinggi ternama akan selalu berada di atas. mereka yang berasal dari kampus yang tak ternama.

Akibatnya, seringkali para pelamar dari kampus tak terkenal harus tersingkir. Bahkan kadang lulusan dari kampus yang kurang ternama tidak diberikan kesempatan untuk melaju ke tahapan wawancara kerja meskipun mempunyai nilai tes yang tinggi.

Berdasarkan penelitian The Chronicle di sejumlah wilayah di Amerika Serikat, sebanyak 27 persen atasan menolak mempertimbangkan pelamar kerja yang berasal dari kampus tidak terkenal. Sementara sekitar tujuh persen berusaha untuk mempertimbangkan

Sekitar tiga persen atasan dalam penelitian tersebut bahkan mengaku enggan menanggapi para pelamar kerja dari kampus yang kurang ternama. Artinya, sebagian besar atasan lebih memilih lulusan dari perguruan tinggi atau kampus-kampus ternama. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini