Sukses

Mafia Migas Bergeliat di Impor BBM, Ini Tanggapan Pertamina

VP PT Pertamina, Ali Mundakir menuturkan, Pertamina tidak bisa mengatur pembelian dengan kontrak jangka panjang untuk membeli BBM.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini beredar kabar tentang geliat mafia migas dalam proses pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diimpor dari Singapura, seperti  kontrak pembelian jangka pendek dan melalui calo.

Vice Presiden Corporate PT Pertamina (Persero), Ali Mundakir mengatakan, Pertamina tidak bisa mengatur pembelian dengan kontrak jangka panjang untuk membeli bahan bakar minyak (BBM). Pasalnya tidak ada perusahaan penjual minyak yang mau melakukan hal tersebut.

"Kalau teman-teman sendiri yang punya minyak, mau tidak saya long term kontrak. Kita mindsetnya jangan pikir semua yang punya minyak bisa kami atur. Katakanlah yang punya minyak ini, mau tidak ya udah saya booking teruslah. Mau tidak?," kata Ali, di kawasan Cikini, Senin, (6/10/2014).

Ali mengungkapkan, kondisi serupa sebenarnya juga dilakukan Indonesia dalam menjual gas alam cair (Liquid Natural Gas /LNG) Tangguh ke Fujian China.

"Kita saja jual gas tangguh, di kontrak jangka panjang minta direnegosiasi kan. Nah berpikirnya mesti seperti itu. Berpikir kita yang punya minyak. Jangan hanya berpikir kita ini pembeli tapi seolah bisa mengatur semuanya," ungkapnya.

Ia menambahkan, jika mafia migas dituding beroperasi pada penjualan minyak melalui pihak ketiga, Ali menampik hal tersebut. Pasalnya, sejak 2012 Pertamina melalui anak usahanya  Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) sudah tidak lagi membeli langsung ke Perusahaan Minyak Nasional (National Oil Company/NOC) yang kilangnya memproduksi minyak.

"Itu adalah bentuk keseriusan Pertamina untuk meningkatkan dari pemerintah," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini