Sukses

Ini Barang yang Paling Boros Listrik

Wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) mengatakan, peningkatan efisiensi penggunaan listrik sangat penting bagi pemenuhan listrik negara.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) mengatakan, peningkatan pasokan dan efisiensi energi merupakan dua cara ampuh untuk memenuhi kebutuhan listrik di Tanah Air. Tak lupa, JK juga mengingatkan, satu benda yang paling menguras pasokan listrik di Indonesia.

"Kalau mau melakukan efisiensi, lihat mana barang yang paling boros listrik yaitu AC (air conditioner)," ungkap JK saat menjadi pembicara dalam acara National Conference on Electrical Power Business & Technology di Jakarta, Kamis (3/10/2014).

Dia bahkan pernah mengeluarkan aturan agar kantor pemerintah tidak menggunakan AC dengan suhu lebih rendah dari 25 derajat. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk menghidupkan televisi hingga jam 12 saja.

"Kalau 25 derajat kan tidak ada lagi yang mau pakai jas, semua jadi pakai batik," kata JK sambil bercanda sekaligus menyinggung Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2014.

Ke depan, JK menilai kebutuhan listrik masyarakat Indonesia akan terus meningkat. Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga diminta untuk segera meningkatkan pasokan listrik dan menekan permintaan listrik masyarakat.

"Alasannya sederhana, karena setiap satu persen pertumbuhan ekonomi Indonesia memang akan membutuhkan penambahan 1,5 persen pasokan listrik. Sekarang pertumbuhan di sekitar 6 persen, berbarti perlu penambahan 9 persen listrik," tandasnya. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini