Sukses

Sayembara Cari Anaconda, Hadiahnya Rp 608,5 Juta

Wildlife Conservation Society menawarkan hadiah sebesar Rp 608,5 juta bagi siapapun yang dapat menemukan Anaconda sepanjang 30 kaki.

Liputan6.com, New York - Selain Cobra, Anaconda merupakan jenis ular paling fenomenal di muka bumi ini. Meski sudah terbukti keberadaannya, namun para ilmuan masih menganggap ukurannya yang super raksasa sebagai mitos belaka.

Masih banyak ilmuwan yang ragu dan belum bisa memastikan seberapa besar dan panjang Anaconda dapat tumbuh. Sejauh ini memang terdapat beberapa klaim dari masyarakat yang telah melihat ular Anaconda dengan panjang lebih dari 30 kaki.

Untuk membuktikan klaim dari beberapa masyarakat tersebut, kelompok peduli hewan, Wildlife Conservation Society menawarkan hadiah sebesar US$ 50 ribu atau Rp 608,5 juta (estimasi kurs: Rp 12.169 per dolar AS) bagi siapapun yang dapat menemukan Anaconda dengan panjang 30 kaki hingga 60 kaki seperti yang banyak diperbincangkan.

Bagaimana sayembara tersebut digelar? Apakah mitos Anaconda raksasa dapat dibuktikan?

Berikut ulasan mengenai sayembara pencarian Anaconda terpanjang dan terbesar di dunia seperti dikutip dari The Richest, Tribe.net, New World Encyclopedia, Senin (29/9/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selintas tentang Anaconda

Selintas tentang Anaconda

Anaconda dikenal sebagai ular terpanjang dan terbesar di dunia. Reptil ini merupakan jenis pemangsa yang mematikan mangsanya dengan cara melilit dan menelan hidup-hidup. Tak peduli berapapun ukuran korbannya.

Anaconda sering ditemukan di Amerika Selatan. Sementara Anaconda hijau disebut-sebut sebagai salah satu ular terbesar di dunia.

Kata Anaconda pertama digunakan pada 1768 untuk menggambarkan ular besar yang ditemukan di Sri Lanka.

Namanya berasal dari kata anaikkonda yang berarti pembunuh gajah.

Anaconda terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang 20 kali dan berat 330 pounds. Hingga saat ini, banyak laporan yang menyebutkan bahwa Anaconda hidup hingga sepanjang 60 kaki.

Sayangnya, tak ada bukti yang bisa memastikan keakuratan informasi tersebut.

3 dari 4 halaman

Penemuan Anaconda jadi sayembara

Penemuan Anaconda jadi sayembara

Sejauh ini, Anaconda sepanjang 23 kaki masih sangat langka. Bahkan Wildlife Conservation Society menawarkan hadiah uang tunai bagi orang yang bisa menangkap hidup-hidup Anaconda sepanjang 30 kaki.

Sebuah ekspekdisi pencarian dilakukan pada 1944. Sejumlah laporan menyebutkan adanya penemuan Anaconda sepanjang 37 kaki. Tapi klaim tersebut tak pernah terbukti.

Seorang ilmuan bernama Vincent Roth, melaporkan dirinya telah menembak dan membunuh Anaconda sepanjang 34 kaki. Tapi karena tak ada bukti, hadiah tersebut tak pernah jatuh ke tangannya.

4 dari 4 halaman

Foto Anaconda tak membuktikan ukuran sebenarnya

Foto Anaconda tak membuktikan ukuran sebenarnya

Sejumlah foto mengenai Anaconda raksasa berhasil diabadikan sejumlah ilmuan. Meski begitu, ukuran aslinya tak pernah bisa ditentukan dan dibuktikan.

Pakar sejarah Mike Dash mengatakan, jika bukti nyata adanya Anaconda sepanjang 30 kaki hingga 60 kaki tak pernah ditemukan, maka spesies itu tak pernah ada di dunia. Selama ini, sejumlah Anaconda raksasa diabadikan melalui serangkaian film.

Sayangnya, hingga saat ini, ukuran terpanjang Anaconda masih menjadi misteri. Sayembara sebesar Rp 608,5 juta itu tak berhasi dimenangkan siapapun. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini