Sukses

Tips Sukses Lolos CPNS 2014 dari Menteri PAN-RB

Jutaan orang bakal bersaing dalam tes CPNS 2014. Ini tips sukses lolos tes CPNS dari Menteri PAN-RB Azwar

Liputan6.com, Sumedang - Berbagai informasi mengenai seleksi CPNS 2014 terus menjadi buruan masyarakat Indonesia dalam sebulan terakhir mulai dari cara mendaftar hingga trik agar bisa lolos tes. Lantas apa tips lulus tes CPNS dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PAN-RB) Azwar Abubakar?

"Trust no body artinya (para peserta seleksi CPNS 2014) harus percaya pada diri sendiri," ungkap Azwar dalam dialog bersama jurnalis di Sumedang, Sabtu (20/9/2014).

Azwar lalu menyebutkan dua tips singkat lain darinya agar para peserta seleksi bisa lolos tes CPNS 2014. "Belajar dan Berdoa. Itu saja yang paling penting," tandasnya.

Rencananya seluruh tahap tes CPNS 2014 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem seleksi ini akan terhubung dengan jaringan komputer.

Terdapat dua tes utama dalam seleksi CPNS 2014 yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD terdiri atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sementara itu, hingga akhir pekan ini jumlah pendaftar nyaris mencapai dua juta orang di 333 instansi pemerintah pusat dan daerah.

Meski diserbu banyak peminat, KemenPan-RB menginformasikan, sebanyak 40 pemerintah daerah (pemda) memastikan untuk membatalkan pelaksanaan seleksi CPNS 2014. Pemda yang pada tahun ini membatalkan pelaksanaan maka formasi CPNS 2014 akan dilimpahkan pada tahun depan. (Sis/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini