Sukses

Kementerian Sosial Cari 136 CPNS, Daftar Lewat Panselnas

Registrasi hanya dapat dilakukan secara online melalui situs Panselnas paling lambat 3 September.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemsos) membuka kesempatan bagi  lulusan SMK, diploma, dan sarjana untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Registrasi hanya dapat dilakukan secara online paling lambat 3 September 2014 melalui situs Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Ketua Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kemsos 2014, Toto Utomo Budi Santosa, dalam pengumuman pada 21 Agustus menyebutkan, Kemsos membutuhkan 136 formasi CPNS golongan III dan II di lingkungan Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial RI.

Pelamar yang telah melakukan registrasi melalui situs Panselnas akan mendapatkan akun untuk login ke Situs CPNS Kemsos kemudian harus melengkapi data lamaran.

Pelengkapan data lamaran hanya dapat dilakukan secara online melalui  situs CPNS Kemsos yang hanya dapat diakses dari dalam negeri.  Pelamar yang telah melengkapi data lamaran online akan mendapatkan nomor register dan formulir pendaftaran kemudian harus mengirimkan berkas lamaran.

Pelamar yang akan diikutkan dalam proses seleksi administratif hanya pelamar yang telah melengkapi data lamaran secara online dan mengirimkan berkas lamaran.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administratif akan dipanggil mengikuti tahapan selanjutnya. Tes kompetensi dasar akan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di lokasi sebagai berikut :

         1. Kantor BKN Pusat di Jakarta
         2. Kantor Regional I BKN di Yogyakarta
         3. Kantor Regional IV BKN di Makassar
         4. Kantor Regional VI BKN di Medan
         5. Kantor Regional VII BKN di Palembang
         6. Kantor Regional VIII BKN di Banjarbaru
         7. Kantor Regional XI BKN di Manado

Pengambilan Nomor Peserta dan waktu pelaksanaan tes akan ditentukan kemudian dan diinformasikan paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan. Pelamar yang dinyatakan lulus tes kompetensi dasar akan dipanggil mengikuti tahapan selanjutnya. Hasil seleksi setiap tahapan akan diumumkan di Situs CPNS Kementerian Sosial.

Untuk dapat melengkapi data lamaran, peserta harus login terlebih dahulu. Login di situs CPNS Kementerian Sosial hanya dapat dilakukan antara 6-16 jam setelah registrasi di situs panselnas.

Mengirimkan Surat Lamaran yang ditulis dengan tulisan tangan (sesuai contoh format terlampir), menggunakan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Sosial RI c.q. Sekretaris Jenderal, dan dilengkapi dengan (sesuai urutan):

   1. Pas photo berwarna terbaru latar warna biru ukuran 3 x 4 cm yang telah ditulisi nama dibelakangnya sejumlah 2 lembar;
   2. Photocopy KTP yang masih berlaku sejumlah 1 lembar;
   3. Formulir pendaftaran online yang telah ditandatangani;
   4. Photocopy Ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang (1 rangkap);
   5. Photocopy Transkrip Nilai/Daftar Nilai/NEM yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang (1 rangkap);
   6. Photocopy surat akreditasi jurusan dari instansi berwenang yang telah dilegalisir (1 rangkap);
   7. Surat keterangan dari dokter yang menyatakan jenis kecacatan (khusus bagi pelamar penyandang cacat).

Setiap pelamar diwajibkan untuk memilih minimal satu jabatan dan diperkenankan memilih maksimal tiga jabatan sesuai formasi yang tersedia. Pelamar juga diharuskan memilih satu wilayah penempatan yang diinginkan sesuai formasi yang tersedia untuk setiap jabatan yang dipilih.

Berminat? silakan mendaftar di website panselnas http://panselnas.menpan.go.id dan http://sscn.bkn.go.id. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.