Sukses

Ini Alasan Pegawai Harus Pulang Lebih Dulu dari si Bos

Pernahkah Anda merasa tidak enak saat harus pulang lebih dulu dari kantor dibandingkan atasan Anda?.

Liputan6.com, New York - Pernahkah Anda merasa tidak enak saat harus pulang lebih dulu dari kantor dibandingkan atasan Anda? Tak perlu khawatir, datang dan pulang lebih dulu dari kantor justru membuktikan Anda telah bekerja produktif sepanjang hari.

Mengutip laman Business Insider, Rabu (23/7/2014), banyak pegawai percaya bahwa satu-satunya cara untuk membuktikan dedikasi dan etika kerja Anda adalah dengan berada di kantor sepanjang hari. Sayangnya, kini pola kerja tersebut terbukti tidak efektif untuk menunjukkan dedikasi Anda.

Konsultan karir dan pakar psikologi Colleen Egan mengatakan, menjadi karyawan teladan tak ada hubungannya dengan jumlah waktu yang Anda habiskan di kantor. Lebih dari itu, kualitas kerja Anda dan bagaimana hubungan yang dibangun di kantor merupakan penentu keteladanan karyawan di kantor.

Sejauh ini, dia melihat banyak karyawan yang merasa harus menghabiskan lebih banyak waktu di kantor dibandingkan atasannya. Menurut para karyawan, itu dapat menunjukkan bahwa dirinya telah bekerja keras.

Tetapi Anda harus menyadari kriteria terpenting untuk menjadi karyawan teladan bukanlah hal tersebut.

Salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh menghabiskan waktu lebih lama dibandingkan atasan di kantor adalah karena itu dapat menunjukkan kinerja yang buruk.

"Atasan dapat berpikir Anda tidak bekerja dengan produktif di kantor dan tidak memenuhi ekspektasinya jika Anda datang lebih awal dan pulang lebih dulu," ujar Egan.

Dia mengatakan, banyak atasan yang tidak mengerti mengapa karyawannya bekerja lebih dari 10 jam per hari. Selain itu, bekerja terlalu lama juga dapat menganggu kehidupan pribadi Anda.

Jadi, lupakan keinginan untuk mencoba tampil mengesankan di hadapan atasan dengan menghabiskan banyak jam kerja di kantor.(Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini