Sukses

10 Profesi yang Bakal Punah

Saat ini pekerjaan seorang pembaca meteran listrik maupun air minum sudah tidak lagi diperlukan.

Liputan6.com, New York - Reporter: Ian Andrew

Perkembangan teknologi tidak bisa dicegah. Saat ini sebagian besar pekerjaan sudah menerapkan teknologi modern untuk efisiensi dan efektivitas.

Namun, dampak dari perkembangan teknologi tersebut, sektor-sektor yang tidak menerapkan teknologi lambat laun mulai ketinggalan zaman. Contohnya loper koran, tukang pos dan penebang kayu.

Seperti yang ditulis oleh businessinsider dan dikutip pada Selasa (22/7/2014), Sebuah studi yang dilakukan oleh CareerCast mengungkapkan, terdapat 10 profesi yang diperkirakan akan punah pada tahun 2022 karena terdampak kemajuan teknologi.

Berikut 10 Profesi tersebut:

1. Tukang Pos


Pada zaman modern ini orang-orang sudah sangat jarang menggunakan jasa kantor pos untuk mengirim surat. Karena saat ini banyak orang yang sudah beralih menggunakan email untuk mengirimkan pesan.

2. Petani

Pekerjaan petani ini terancam punah, dikarenakan zaman modern ini sudah jarang terlihat petani menggunakan kerbau untuk membajak sawah. Tetapi, semua itu sudah digantikan dengan mesin traktor.

3. Pembaca Meteran

Saat ini pekerjaan seorang pembaca meteran listrik maupun air minum sudah tidak lagi diperlukan karena sudah digantikan dengan mesin yang dapat menghitung  secara otomatis dengan cepat dan tepat. Sehingga tidak perlu khawatir terjadi kesalahan yang disebabkan oleh human error.

4. Wartawan Koran Harian

Koran merupakan salah satu sumber informasi yang menembus ruang dan waktu. Tetapi, saat ini banyak orang yang sudah beralih ke media online untuk memperoleh sebuah informasi. Dikarenakan media online dengan sangat cepat dalam menyampaikan informasi.

5. Agen Travel

Penyedia jasa yang menawarkan akomodasi bagi pelanggan ini juga akan diperkirakan mengalami kepunahan pada tahun 2022. Karena sudah banyak orang yang memiliki dan menggunakan kendaraan pribadi untuk berpergian, baik jarak dekat maupun jauh.

6. Penebang pohon

Di era modern ini orang sudah tidak lagi menggunakan kampak ataupun gergaji untuk menebang pohon. Tetapi, sudah ada alat khusus yang dengan cepat dapat menebang pohon tanpa harus menggunakan tenaga manusia.

7. Pramugari

Menyediakan layanan pribadi untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang pesawat selama penerbangan. Profesi ini juga diperkirakan akan punah pada 2022 dikarenakan pertumbuhan teknologi yang modern.

8.Tukang Bor

Saat ini pekerjaan mengebor sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia, tetapi tenaga mesin.

9. Pekerja Percetakan

Pekerjaan mencetak kini tidak perlu lagi dengan menggunakan manual. Tetapi sudah dikerjakan secara otomatis dengan menggunakan mesin cetak.

10. Penagih Pajak

Menentukan kewajiban pajak atau mengumpulkan pajak dari individu atau perusahaan bisnis kini sudah bisa dilakukan secara online, sehingga sangat efisien. (Ian Andrew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.