Sukses

Ada Kereta Bandara, Kemehub Minta Damri Buka Rute Baru

Damri harus cerdik dan mulai berfikir maju.

Liputan6.com, Banten - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta Perum Damri untuk membuka beberapa rute baru jika nantinya Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah memiliki kereta bandara.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso yang menilai hal ini demi terus menjaga prospek bisnis angkutan darat tersebut.

"Damri harus cerdik, berfikir, jangan mentang-mentang sekarang enak lalu begini-begini saja. Damri harus bisa layani penumpang yang tidak dilayani kereta bandara," ungkap Suroyo saat ditemui di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (25/6/2014).

Nantinya, meski kereta bandara sudah terealisasi rute Damri yang dilayani kereta bandara tetap berjalan, hanya saja kuantitasnya lebih dikurangi.

Salah satu lini bisnis yang harus dijamah Perum Damri salah satunya menjadi feeder dari kereta bandara. Dengan begitu masyarakat dapat menggunakan layanan bus yang disubsidi pemerintah tersebut.

"Idealnya, bus itu kan sebagai feeder kereta api. Jadi dari stasiun kereta ke tempat lain yang tidak terjangkau kereta, atau ke bandara," jelas dia.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan efektifitas dalam menggunakan sarana transportasi yang teritegrasi, Suroyo secara probadi berharap kedepan hanya akan menggunakan satu pembayaran.

"Kalau perlu jadi misal kita beli tiket pesawat itu bisa naik bus juga, atau bisa naik kereta, jadi bisa semua hidup bisnisnya, itu lebih fair," pungkasnya. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini