Sukses

5 Instansi Umumkan Hasil Tes CPNS Honorer K2

Tinggal tiga instansi yang belum umumkan kelulusan hasil tes CPNS honorer K2.

Liputan6.com, Jakarta Setelah lama tertunda, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akhirnya mengumumkan hasil seleksi tenaga honorer kategori 2 (K2) di lima kementerian dan  lembaga (K/L).

Kelima instansi yang hasil tesnya dirilis hari ini adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepolisian Negara RI (POLRI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Mahkamah Agung (MA). Dengan begitu, hanya tinggal tiga instansi yang belum umumkan kelulusan hasil tes CPNS honorer K2.

"Sisanya mudah-mudahan bisa secepatnya selesaikan verifikasi dan validasi sehingga bisa segera menyusul diumumkan," jelas Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (16/5/2014).

Herman menjelaskan, Panselnas baru bisa mengumumkan setelah pejabat pembina kepegawaian (PPK) masing-masing K/L melakukan verifikasi kebenaran tenaga honorer K2 di instansi masing-masing. Hal itu perlu dilakukan guna menghindari terjadinya kesalahan, terutama peserta tes yang lulus ternyata datanya bodong.

Seperti halnya pejabat pembina kepegawaian (PPK) pemerintah daerah, PPK K/L juga harus menandatangani surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM) saat menyerahkan berkas tenaga honorer K2 yang dinyatakan lulus.

Untuk membantu verifikasi, Panselnas menyiapkan formulir 10 kolom mengenai nama, nomor ujian, umur, Terhitung Mulai Tanggal (TMT), ijasah waktu diangkat sebagai tenaga honorer, ijasah sekarang, posisi pekerjaan, di mana dia bekerja, dan lain-lain. Kolom-kolom itu harus diisi dengan akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karena itu, dalam pengumuman kali ini data CPNS dari honorer K2 ditampilkan secara lebih rinci. Selain nama dan nomor peserta, data lainnya juga ditampilkan dalam pengumuman, seperti tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan awal dan akhir berikut tahun lulusnya, tanggal mulai terhitung (TMT) dan surat ketetapan (SK) pengangkatan, nama pekerjaan, dan unit kerja.

Untuk daftar lengkap tenaga honorer K-2 yang dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2013 dapat dilihat di website cpns.liputan6.com,  cpns.menpan.go.id, dan sscn.bkn.go.id. (Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini