Sukses

Syarief Hasan Ajak Peserta APEC Foya-foya di Bali

"Habiskan uang Anda sebanyak-banyaknya untuk belanja produk-produk UKM di Bali," kata Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syariefuddin Hasan mengajak para peserta APEC Small Medium Enterprise and Enterprenership (SMEE) Summit untuk berbelanja dan membeli produk lokal Bali sebanyak- banyaknya.

"Sebelum saya mulai (sambutan), para hadirin (peserta APEC SMEE Summit), mari habiskan uang Anda sebanyak-banyaknya untuk belanja produk-produk UKM di Bali," ujarnya yang langsung mengundang tepuk tangan dan tawa kecil dari seluruh peserta yang menghadiri pertemuan tersebut di Jimbaran, Bali, Sabtu (5/10/2013).

Dalam kesempatan tersebut, Syarief juga mengatakan, UKM memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi negara-negara APEC khususnya di Indonesia.Meski demikian, dia mengimbau pengembangan UKM jangan hanya dilakukan di negara APEC, tapi juga di seluruh dunia.

"Sektor UKM berkontribusi sangat besar pada pertumbuhan negara-negara APEC. Tapi kita juga harus peduli dengan seluruh UKM di seluruh dunia," ujarnya.

Syarief menjelaskan, setiap tahunnya, UKM berkontribusi sebesar 6% pada pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Sementara itu, ketidakpastian ekonomi global juga berdampak pada penurunan proyeksi kontribusi UKM pada ekonomi Indonesia tahun ini.

"Awalnya kami prediksi bisa mencapai 6,3% tahun ini, tapi karena ekonomi global jadi proyeksinya kami turunkan kembali ke 6%," ujarnya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.